Cara indukan merawat piyik


siva

Saya sering mempercayakan asuh piyik ke indukannya, dan selama ini baik baik saja. semua tergantung kita melihat karakter dari induk.

apabila di asuh induk, saat piyik umur 10 s.d 12 hari akan muar atau keluar sarang,. saat itu kedua induk akan lebih ektra dalam menjaga anaknya, bahkan jika anaknya jatuh didasar kandang, ga usah kita naikkan, biar si induk sendiri yang membantu anaknya, biasanya induk akan mengajari anaknya untuk terbang, kadangkala juga induk membawa makanan berupa jangkrik biasanya dan dibawa terbang ke tangkringan terendah untuk memancing anakan agar juga mau terbang, hal itu dilakukan untuk mengajari anaknya terbang, saat usia menginjak 15 hari, siinduk biasanya mengajari anaknya berburu, terkadang induk mengajari anaknya untuk makan juga, induk biasanya memberikan jangkrik yang sudah mati untuk di cacah sama anaknya, agar sianak bisa belajar makan, dan dikesempatan lain, induk memberikan EF yang masih hidup, namun dah terluka agar sianak bisa belajar berburu makananya.
pada saat malam hari kedua induk akan mengapit anakannya, meskipun saat tidak ada anakan kedua induk akan tidur secara terpisah. ini yang sering saya perhatikan, induk tidur terpisah , jantan diatas dan betina di tangkringan bawah, kadang ditangkringan yang sama namun jantan di sebelah kanan, dan betina di kiri, atau sebaliknya, namun saat memiliki piyik, kedua induk akan mengapit anaknya diantara mereka.

Menginjak usia diatas 3 minggu bisanya kedua induk akan mulai birahi kembali, saat ini bisa jadi terjadi perkawainan, dan tidak lama kemudian betina akan bertelur, apabila dalam massa ini untuk asuh anakan akan dipegang oleh jantan, dan betina akan full time untuk mengeram, jantan menjadi orang tua tunggal untuk mengajari anakannya sampai bisa mandiri.
nah, saat telur betina menetas, saat inilah kita bisa angkat anakannya, karena sering induk jantan atau betina akan mengusir anakannya karena dianggap bisa mengganggu adiknya yang baru menetas., dan memang pada masa ini anakan sudah bisa mandiri……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s